...............

Selamat Membaca Blog ini (kaya ada yang Baca aja jooo jooo) hahahah Pokone Enjoy it aja lah!

Rabu, 19 Januari 2011

Saya sekarang dan sedikit pengalaman Di Pulau Bira

hah!sekarang, 2011, gk kerasa ya. gua udah kuliah selama 1 tahun lebih.

Di setahun gua ada di kampus (UNJ) banyak sih yang berubah, eh banyak, dikit deh.hahaha masih aja kaya gini gini aja gua mah payah sih emang. tapi gk papa yang penting masih idup.

Niatnya sih mau posting pengalaman gua aja selama di BIOLOGI UNJ. mungkin telat kali ya kalo mau posting pengalaman gua dari awal masuk kuliah, buset, bisa panjang banget. yaa singkat aja ya, di BILOGI UNJ itu gua ketemu ama orang orang baru yang sangat mengejutkan. mengejutkannya kenapa?? sms gua aja (kaya ada yang baca blog lu aja jooo joo). yang jelas temen temen baru gua di UNJ itu adalah orang orang yang spesial (paketelor) mereka semua punya kepribadian yang unik unik dah, yaaa biar gk lama jelasin nya, mereka semua masuk dalam kriteria teman teman yang baik dan juga loyal.

Singkat soal teman, singkat juga tentang hidup perkuliahan gua di sana. Belajar biologi itu bukan salah satu pilhan gua emang, tapi itu takdir. yaa terima aja dengan senyuman.hahaha

Jadi gini kalo di Biologi itu kan ada kuliah lapangannya ya, kuliah lapangan kita itu biasanya ke tempat tempat yang memungkinkan kita dapat berinteraksi lansung ke species yang lagi kita pelajari. Selama 1 tahun ini (2 semester) gua dan kawan kawan BIOLOGI 2009 udah 2 kali kuliah lapangan, seru ntooh!

Kuliah Lapangan Zoology1 dan Botani1. (bahasa kerennya Fildtrip)
Kuliah lapangan zoology ama botani 1 itu tuh anak anak Bio 09' perginya ke pulau Bira Besar., Pulau seribu, kalo gk salah kita tuh berangkat di sana pas bulan febuary tangalnya lupa hehe. Pulau yang bagus, bagus banget malah, biota lautnya masih lumayan banyak populasinya, karangnya masih banyak yang warnawarni. Begini gua cerita sedikit tentang Bira.
Pulau Bira tuh dulunya tempat tujuan wisata pulau (dulu mah bagusnya naujubile dah) nah kalo sekarang udah jadi resort yang agak terbengkalai. tapi, ada beberapa cottage yang masih kerawat baik. Dulu mah ini pulau ada lapangan golef nya, pokonya mantep dah dulu. tapi kan gua dan kawan kawan BIOLOGI kesana bukan nyari kemewahan dari sebuah wisata, tapi yang di cari tuh sebuah pengalaman melihat dan mengexplor biota biota laut yg ada di sono, so jadi gk usah ngomong tentang kemewahan yg di dapat hahahahaha *gaya.
nih poto yang gua anggep bagus (sunset di Bira Besar)

oh iya kenapa pulau itu?? soalnya materi zoology1 itu tentang Avertebrata air. Avertebrata itu apa si bang?? mau tau?? sms gua *lagi(kaya ada yang baca Blog lu aja joo joo). kgk becanda klik aja itu avertebretanya. nah secara di laut tuh banyak banget avertebrata disana, jadi yang di cari disana itu dari kelas kelas....aduh kelas apa aja ya..aduh.. lupa kan (suatu gambaran Mahasiswa yang cuma jalan jalan gk peratin materi pas di lapangannya) hehehe maap yaa.
Sekalian nih mau nge'share aja poto poto yang berhasil di abadikan saat kuliah lapangan di Pulau Bira Besar.
ini sekelompok kecil anak biologi yang ikut ke bira besar. (maap ada yang gk kepoto)

singkat singakat aja ya, jujur gua tuh gk jagoo nulis nulis. ya belajar belajar dikit deh.
Disana itu jalan jalan sih banyaknya, oh iya salah satu pengalaman baru yang gua dapet pas di sana itu tuh snorkling. hah! hahaha pertamakalinya tuh gua mainnan begituan.
ya kira kira begini dah kalo di liat liat dari atas



nah agak keren dikit pake Underwater Cam




ini nih paporit gua! hahaha


haha lagi megang Acropora sp.


Acanthaster plancii (masih 'om' nya bintang laut lah)


Banyak lagi dah pengalaman yang gua dapet disana.. pastinya sangat hebat! dan baru.
Dari situ gua tau bagemana degradasi lingkungan... dulu 2 tahun yang lalu menurut penduduk setempat karang karang di sana yang di pinggir pinggir pantai masih pada warna warni, pas gua kesan juga masih warnawarni sih tapi ya gitu yang di agak deket tubir lautnya baru banyak karang warnawarninya, ya 2 tahun yang lalu tepatnya 2008 populasi karang nya lebih banyak. Biasa gitu lah pemanasan gombal...dasar gombal.hahaha ya sedikit cerita gua tentang perjalanan kuliah lapangan Zoology1. mungkin beberapa temen gua juga nulis tentang pengalaman kuliah lapangan di Bira, mungkin juga lebih baik cara berceritanya dari gua. Sekali lagi maap maap yaa kalo masih banyak kurangnnya.
salam mesra dari bang sua.

ntar kalo dapet semangat nge'posting gua posting tentang kuliah lapangan ke 2. Di Bodogol, Gunung Gede Panarango. mantap juga tuh disana. okee nanti deh yaa cape ah gua nulis mulu. daaadaaaah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar